Senin, 27 Oktober 2014

Lima Pilar Perdesaan Sehat

LIMA PILAR PERDESAAN SEHAT



Lima Pilar Perdesaan Sehat dilaksanakan sebagai strategi kebijakan untuk percepatan pembangunan kualitas kesehatan berbasis perdesaan di daerah tertinggal. 
Lima pilar perdesaan sehat di daerah tertinggal tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Ketersediaan Dokter Puskesmas. 

Fhoto Ilustrasi
Setiap Pusat Kesehatan Masyarakat Penyediaan dokter Puskesmas di daerah tertinggal dimaksudkan dalam rangka menjamin ketersediaan dokter yang berkualitas, berkomitmen tinggi untuk pemenuhan hak atas kesehatan sesuai prinsip-prinsip  
perdesaan sehat, dan mampu bekerja secara baik pada setiap Puskesmas di daerah tertinggal. Hal ini untuk memastikan adanya Dokter Puskesmas, berfungsinya tenaga medis dan bangunan Puskesmas untuk pelayanan kesehatan dasar di kawasan perdesaan, secara minimal pada jam dan hari kerja penugasan. 




2. Ketersediaan Bidan Desa.

Fhoto Ilustrasi
Setiap Desa Penyediaan bidan desa di daerah tertinggal dimaksudkan dalam rangka menjamin ketersediaan bidan desa yang berkualitas di setiap desa/kawasan perdesaan di daerah tertinggal. Hal ini untuk memastikan keberadaan bidan desa yang bertugas dan bekerja untuk pelayanan kesehatan masyarakat yang berkualitas, terutama kesehatan ibu dan anak di daerah tertinggal. 


3. Ketersediaan Air Bersih.

Fhoto Ilustrasi
Setiap Rumah Tangga Penyediaan air bersih yang aman dan sehat dimaksudkan agar dapat digunakan sebagai air minum yang merupakan salah satu penentu dasar tercapainya standar kesehatan yang berkualitas. Air bersih untuk setiap rumah tangga merupakan pilar penting bagi terlaksananya percepatan pembangunan kualitas kesehatan berbasis perdesaan di daerah tertinggal. 




4. Ketersediaan Sanitasi.

Fhoto Ilustrasi
Setiap Rumah Tangga Penyediaan sanitasi yang baik untuk setiap rumah tangga merupakan salah satu penentu dasar tercapainya standar kesehatan yang berkualitas. Ketersediaan dan keterjangkauan sanitasi yang baik untuk setiap rumah tangga adalah pilar penting bagi terlaksananya percepatan pembangunan kualitas kesehatan berbasis perdesaan di daerah tertinggal. 



5. Ketersediaan Gizi.

Penyediaan gizi yang baik dan seimbang untuk se
Fhoto Ilustrasi
tiap ibu hamil, ibu menyusui, bayi dan balita merupakan tujuan yang harus direalisasikan untuk tercapainya kualitas kesehatan. Asupan gizi untuk setiap ibu hamil, ibu menyusui, bayi dan Balita dikedepankan sebagai pilar penting dalam pelaksanaan percepatan pembangunan kualitas kesehatan berbasis perdesaan di daerah tertinggal.